Kamis, 19 September 2013

Gunung meletus (gunung sinabung)

Gunung Sinabung meletus, ribuan mengungsi

Terbaru  15 September 2013 - 12:58 WIB
peta_gunung_sinabung_
BPBD Sumatera Utara mengatakan warga diungsikan ke sejumlah tempat di Kabupaten Karo.
Ribuan orang dilaporkan harus mengungsi ke sejumlah tempat menyusul meletusnya Gunung Api Sinabung yang terletak di Kabupaten Karo, Sumatera Utara pada hari Minggu (15/09) dini hari.
Sejumlah laporan memgatakan ratusan orang yang tinggal di sejumlah desa seperti di Desa Sukameriah, Desa Kutarayat, Desa Simacem dan Desa Bekerah telah meninggalkan kediaman mereka untuk mengungsi ke sejumlah tempat di Kabupaten Karo, Sumatera Utara.
Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah Sumatera Utara, Asren Nasution mengatakan jumlah pengungsi tercatat telah mencapai 3.710 orang.
"Mereka berasal dari lima desa yang berada tiga kilometer langsung di bawah kaki gunung dan desa-desa sekitarnya," kata Asren kepada Wartawan BBC Indonesia, Andreas Nugroho.
Menurut Asren pemerintah setempat telah menyiapkan sejumlah lokasi pengungsian bagi warga yang wilayahnya terkena dampak letusan Gunung Api Sinabung.

Siaga tiga

Warga yang berada tiga kilometer dari kawah gunung memang telah diminta mengungsi oleh pemerintah daerah setempat.
"Kita tempatkan mereka di gedung dan jambur-jambur atau gedung pertemuan di sekitar Kantor Bupati Karo serta di rumah milik keluarga mereka."
Pemerintah katanya telah menyatakan status siaga tiga untuk mengantisipasi terjadinya dampak lanjutan akibat letusan tersebut.
"Kita tempatkan mereka di gedung dan jambur-jambur atau gedung pertemuan di sekitar Kantor Bupati Karo serta di rumah milik keluarga mereka."
Asren Nasution
"Sejauh ini situasinya landai dan cukup terkendali dan tidak ada laporan jatuhnya korban jiwa atau luka."
Letusan Gunung Sinabung kali ini telah memuntahkan abu vulkanik dan beberapa batu kecil yang melanda desa-desa sekitarnya.
Pasca letusan, Pos Gunung Api Sinabung mencatat ada 255 gempa vulkanik dalam, 16 kali gempa hembusan, 5 gempa tektonik lokal, dan 24 gempa tektonik jauh.
Belum ada laporan yang menyebutkan dampak letusan ini telah mengganggu aktivitas penerbangan di Bandara Kuala Namu, Deli Serdang, Sumatera Utara.
Kementerian Perhubungan mengatakan mereka masih belum menerima laporan dan akan mencari informasi terkini soal dampak letusan itu terhadap kegiatan di bandara tersebut.http://www.bbc.co.uk/indonesia/berita_indonesia/2013/09/130915_gunung_sinabung_meletus.shtml

Tidak ada komentar:

Posting Komentar